Gunung Api Itu Hidup (?)

Sore itu, di sebelah rumah dimana penulis tinggal tampak seorang nenek sedang momong cucunya, kadang terdengar suara si nenek yang sedang menerangkan sesuatu dengan memperagakan gerakan badan dan tangannya agar si cucu dapat menangkap maunya si nenek lebih jelas..kadang juga terdengar ketawanya si cucu yang mungkin menjadikan gerakan neneknya yang tampak lucu dimatanya. Lama kelamaan semakin jelas apa yg sedang mereka bincangkan….ternyata si nenek sedang menjelaskan tentang pertanyaan cucunya, mereka sedang ngobrol masalah apakah gunung api itu hidup. Menurut hemat penulis, pertanyaan si cucu yang ayu imut-imut itu muncul karena si cucu yang dipanggil ayu itu pernah melihat di media tv yang menayangkan letusan G. Merapi. Salah satu pertanyaan yang sempat terdengar adalah..nek kenapa gunung api bisa membunuh hewan dan orang yang tinggal di sekitarnya?, kan harusnya di sayang ya nek….! sambil mencoba duduk di kursi kecilnya…trus juga ada banjir lho nek….trus ada apa tuh nek yang panas berjalan di awan itu lho…..o.o.o itu wedhus gembel namanya nduk…..itu juga kata orang sahut nenek dengan senyum…..

Nenek yang masih tampak sehat ini mencoba menjawab banyak pertanyaan cucunya tadi, tapi tampaknya nenek kewalahan dalam menjawab karena si cucu terus bertanya dan bertanya….selang beberapa waktu, datanglah si kakek yang mencoba membantu istrinya…ini lho cucumu tanya terus tentang api dan tetek mbengek gunung api…tau-taunya dia tanya begitu…..e..e…anak jaman sekarang kok uti…panggilan sayang kakek ke eyang puteri istrinya…..oh iya nduk..kamu tanya begitu ya….sela kakek ke cucunya sambil mencoba membopong dan menciumnya…..iya kek jawabnya….

Ayu sayang…pertanyaanmu itu bagus karena sulit ngejawabnya..hahaha. Jadi gunung api itu hidup ya kek…diulang lagi pertanyaannya tadi karena memang belum dijawab, kakek tampak berfikir keras dan tampak mencari jawaban yang tepat untuk cucu tersayangnya. Ayu..gunung api memang hidup karena dapat tumbuh besar, bertambah tinggi menjulang, dan dapat marah membakar semua yang ada di sekitarnya, termasuk menyakiti manusia, memporak-porandakan budaya manusia, petani tidak jadi panen, air menjadi kotor dan berbau…itu beberapa bukti nyata di lapangan yang kemarin Ayu lihat di tv lho…jawab kakek dengan bangganya karena merasa bisa menjawab…hehehe..sambil meraih dan menggendong cucu kecilnya yang mulai banyak tanya. Tapi…gunung api juga memberikan kehidupan yang tiada habisnya kepada manusia, bilamana sedang tenang atau tidak marah lho…balasan si kakek untuk mengalihkan perhatian si cucu….