Mengenal lebih dekat dengan gunung api

Banyak orang mengenal gunung api melalui bentuk tubuh yang menjulang tinggi, mengerucut simetri di atas permukaan Bumi sehingga dirasakan berat bilamana ingin mempelajarinya. Di sisi lain, gunung api dikenal karena sering berkaitan dengan kebencanaan. Oleh sebab itu tidak banyak orang menaruh perhatian lebih tentang keberadaan gunung api. Kebencanaan berteman baik dengan kerusakan, penghancuran, dan selalu meninggalkan kesedihan kita manusia.
Di sebalik itu, gunung api juga berdekatan sangat erat dengan keindahan akan pemandangan “pariwisata”, udara yang bersih, air yang bersih tanpa polusi atau yang berhubungan dengan sumber daya alam panas bumi dan mineral. Jadi keberadaan gunung api juga merupakan sumber kehidupan dan kemakmuran manusia, walaupun tidak mudah mengusahakannya.
Kebencanaan dan keuntungan dari keberadaan gunung api dapat diketahui dengan cara mengenal lebih dekat gunung api. Mengenal dalam arti meneliti segala sesuatu yang berhubungan dengan genesis “asal usul, asal mula, mula jadi” gunung api, perilaku gunung api, dan produk gunung api. Banyak metode atau cara untuk mempelajarinya, baik menggunakan alat sederhana maupun dengan bantuan alat yang moderen. Melakukan riset dan semangat merupakan salah satu kunci untuk mengenalinya dengan baik.